Kumpulan Hadits Senyum & Hikmahnya

Senyum merupakan ekspresi wajah yang menunjukkan emosi positif. Bahkan, ada beberapa hadits senyum dari Rasulullah.Artinya, senyum bukan hanya bernilai sosial tetapi juga bernilai ibadah. Pasalnya, dalam Islam, senyum termasuk sedekah. Dalam artikel Islami ini, kami akan bagikan kumpulan hadits dan beberapa hikmah dari senyum.

Kumpulan Hadits Senyum & Hikmahnya
7 Hadits Senyum dari Rasulullah
Ada beberapa hadits yang menjelaskan bahwa senyum itu ibadah.

1. Senyum adalah sedekah
Dalam hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah pernah berkata ‘Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah bagimu’. Bisa kita simpulkan bahwa senyum ke sesama muslim bukan hanya berbagi kebahagiaan, namun juga mendapatkan pahala.

2. Senyum adalah kebaikan
Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda ‘Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meski hanya dengan bertemu saudaramu dengan wajah berseri (tersenyum). Maksudnya, senyum kepada orang lain adalah hal sepele tetapi mengandung kebaikan.

3. Senyum termasuk sunnah Rasul
Ternyata, senyum juga termasuk sunnah Rasul. Seperti yang ada pada hadits riwayat Bukhari & Muslim berikut. Saat itu, Jarir bin Abdillah berkata ‘Rasulullah tidak pernah melarangku menemui beliau semenjak aku Islam. Beliau juga tidak pernah memandangku kecuali tersenyum di hadapanku.’

4. Senyum jadi sarana berbuat baik
Seperti yang Rasulullah katakan ‘Kamu tak akan bisa berbuat baik ke semua manusia dengan hartamu. Jadi hendaknya kebaikanmu sampai ke mereka dengan keceriaan di wajahmu (senyum).’

5. Rasulullah sering tersenyum
Meski banyak cobaannya, ternyata Rasulullah termasuk orang yang paling sering tersenyum. Dalam hadits riwayat Tirmidzi, Abdullah bin Harits bin Jaz’i berkata ‘Aku tak pernah melihat seseorang yang lebih banyak senyumnya dari Rasulullah.’ Dalam hadits lain, riwayat Ahmad, dikatakan ‘Ketahuilah bahwa tidaklah Rasulullah membicarakan sesuatu kecuali sambil tersenyum.’

6. Hadits senyum, salam, sapa
Anda juga harus tahu tentang hadits senyum, salam, sapa riwayat Ibnu Abi Dunya berikut ini ‘Termasuk sedekah engkau yang mengucap salam dengan wajah ceria/tersenyum ke orang-orang.

Hikmah Tersenyum
Tentu saja, ada banyak hikmah dari tersenyum. Salah satunya adalah mendapatkan pahala sedekah, seperti yang ada pada hadits di atas. Selain itu, tersenyum juga membuat orang lain senang atau bahagia.

Bahkan, tertawa ringan atau tersenyum adalah perbuatan yang lebih utama. Hingga ada ulama yang berpendapat bahwa jarang tersenyum bisa termasuk perbuatan yang sombong. Namun, kita juga tidak boleh terlalu banyak tertawa. Pasalnya, Rasulullah bersabda ‘Dan janganlah kalian terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa bisa mematikan hati.’

Memang, tertawa hukumnya mubah. Tetapi, tertawa yang terlalu keras atau terlalu sering justru tidak baik. Terlalu banyak tertawa bahkan bisa membuat orang lupa akan akhirat. Jadi, lebih baik tersenyum dengan niat ibadah dan mengikuti sunnah Rasul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.