Berikut Ayat Surat Yasin yang Menjelaskan Tentang Surga dan Neraka

Terdapat sejumlah ayat dalam Surat Yasin yang menjelaskan tentang surga dan neraka, yang tentunya menarik untuk dipahami lebih jauh. Ada banyak hikmah serta pelajaran berharga dalam surat ke 36 dalam Alquran tersebut.

Seperti yang kita ketahui, surat ini terdiri atas 83 ayat dan diturunkan di kota Mekkah dan masuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat Makkiyah merupakan surat yang diturunkan ketika Nabi Muhammad belum berhijrah atau pindah ke Madinah.
Kandungan dari surat ini meliputi pokok-pokok keimanan atau tauhid, tanda kekuasaan Allah atau fenomena alam, kematian, hari kiamat, kisah nabi, serta perjuangan para syuhada. Sehingga, ada banyak hikmah yang bisa diambil oleh kita sebagai umat Islam.

Bahkan, membaca surat ini pun memiliki banyak keutamaan. Salah satunya seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat At Thabrani yakni, ketika kita membaca surat Yasin setiap malam maka akan diampuni dosanya.

Ayat Surat Yasin yang Menceritakan Surga dan Neraka

Berikut Ayat Surat Yasin yang Menjelaskan Tentang Surga dan Neraka
Setidaknya ada tiga ayat dalam surat ini yang berkisah tentang surga dan neraka. Dengan begitu, kita pun bisa mengambil banyak pelajaran dari dalam Alquran melalui surat ini. Simak informasi lebih jelasnya di artikel ini hingga selesai.

1. Ayat 26
Pada ayat ini Allah menceritakan mengenai seorang beriman yang dibunuh kaumnya sendiri. Saat ia meninggal, malaikat turun dan memberi tahu bahwa Allah sudah mengampuni dosanya sehingga ia masuk ke surga.

Menurut suatu riwayat, saat orang tersebut membela pendakwah yang mendatangi kaumnya sehingga ia dibunuh, ia dirajam
dengan batu. Namun, orang tersebut senantiasa berdoa hingga nafas terakhirnya.

Berdasarkan riwayat lainnya, diceritakan bahwa orang tersebut bernama Habib An-Najjar yang mengidap penyakit campak namun senang bersedekah. Setengah dari pendapatannya selalu disedekahkannya.

Diceritakan bahwa usai kaumnya mendengar keimanannya terhadap Islam, mereka marah dan membunuhnya.

2. Ayat 55
Ayat selanjutnya mengisahkan surga sebagai kabar gembira bagi umat Islam yang beriman. Dalam ayat tersebut, Allah menjelaskan bahwa orang beriman akan dibalas dengan pahala yang berlipat dengan ganjaran surga yang penuh kenikmatan.

Di surga, penghuninya akan mendapatkan kenikmatan dan kesenangan yang tidak pernah ada di dunia. Keindahan surga pun belum pernah dan tidak akan pernah bisa digambarkan dengan pikiran manusia. Tentunya, ada juga suara yang menyejukan kalbu yang tidak pernah ada di dunia sama sekali.

Penghuni surga pun akan tinggal bersama pasangannya dengan bahagia. Tinggal di tempat yang nyaman dan indah, dilengkapi
makanan lezat, buah-buahan dan lain-lain. Tentu, bentuk kenikmatan yang tidak pernah bisa terbayangkan sama sekali.

3. Ayat 63
Sementara pada ayat ini, Allah menjelaskan mengenai neraka dan penghuninya. Allah menyeru kepada orang kafir tentang
neraka. Neraka merupakan tempat yang dijanjikan oleh Allah kepada orang yang kafir dan durhaka kepada Allah Swt.

Alquran memakai kata Hadzihi yakni bentuk isim isyarah bagi sesuatu yang dekat untuk menggambarkan bahwa neraka Jahanam telah berada di hadapan mereka. Hal itu adalah gambaran yang sangat mengerikan.

Dengan berbagai penjelasan di atas, sudah tentu kita sebagai umat Islam harus meneladani apa yang tertulis dalam Alquran. Ayat-ayat dalam Surat Yasin tentang neraka dan surga bisa menjadi pengingat untuk kita agar senantiasa beriman dan beribadah kepada Allah tanpa menyekutukanNya dengan apapun. Dengan begitu, insya Allah, sesuai janji Tuhan kita, umat Islam yang beriman akan diberi balasan kenikmatan di surga yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.